Tips

8 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Wajib Ada Dirumah

Time to read: 3 menit

Ketika sudah memasuki Trimester ke-3, kini saatnya Moms harus mulai mempersiapkan perlengkapan bayi. Apalagi jika ini adalah kehamilan pertama Moms, pastinya banyak yang harus dipersiapkan. Untuk memastikan tidak ada barang yang terlewat, buatlah daftar barang yang harus dibeli.

Perlengkapan bayi yang dijual dipasaran ada banyak sekali jenisnya. Tapi apakah semua itu dibutuhkan? Belum tentu. Sebenarnya barang yang wajib ada dirumah tidak begitu banyak, Moms bisa memprioritaskan barang yang memang diperlukan bayi. Jangan sampai barang yang tidak penting dibeli dan barang penting malah terlupakan.

Untuk memudahkan Moms mengingat daftar perlengkapan bayi baru lahir yang wajib ada dirumah, Nanny Care ID akan membantu Moms menyiapkannya. Yuk, simak daftar barang apa saja yang wajib Moms miliki!

Baca Juga : Jasa Perawat Bayi Baru Lahir Oleh Bidan di Rumah | Home Care Baby

1. Popok bayi; kain atau diaper

Popok menjadi perlengkapan bayi yang wajib ada dirumah. Kebutuhan popok pada bayi baru lahir dan bayi biasa berbeda. Setidaknya, ia butuh diganti popoknya sekitar 6-10 kali dalam sehari. Dilansir dari laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bayi baru lahir bisa buang air besar sebanyak 10 kali per hari. Sedangkan untuk buang air kecil, ia bisa pipis sebanyak 20 kali sehari dalam 1 bulan pertama kehidupannya.

Baik popok sekali pakai (diaper) atau popok kain wajib ada dirumah ya, Moms. Untuk popok sekali pakai ada dua jenis, yaitu yang berperekat dan tipe celana. Popok dengan perekat cocok untuk bayi yang masih banyak berbaring. Jika Moms adalah orang yang suka hal praktis, bisa memilih popok tipe celana. Moms hanya perlu memakaikannya seperti memakaikan celana dan merobek sisinya ketika ingin melepasnya. Sementara itu, popok kain akan lebih menghemat pengeluaran karena bisa dipakai berkali-kali. Pilih popok kain yang lembut dan mudah menyerap air.

2. Bedong bayi

Membedong bayi sebenarnya tidak wajib dilakukan, namun sebagian orang tua melakukan ini karena sudah menjadi tradisi turun temurun. Membedong bayi bertujuan untuk menjaga tubuhnya tetap hangat dan nyaman. Perlu diperhatikan, bila cuaca sedang panas, Moms tidak perlu membedong bayi. Belilah setidaknya setengah lusin bedong untuk cadangan di rumah.

3. Perlak

Perlak digunakan sebagai alas tidur bayi sekaligus untuk melindungi kasur agar tidak langsung terkena pipis bayi. Perlak terbuat dari microfiber dan anti air, sehingga Moms tidak perlu repot mencuci sprei kalau popoknya bocor.

Baca Juga : Mitos atau Fakta, Kebiasaan Mengempeng Bisa Bikin Gigi Si Kecil Tonggos?

4. Baju bayi

Untuk baju bayi, siapkan beberapa model pakaian seperti baju lengan panjang dan pendek, celana panjang dan pendek serta jumper. Pilih baju berbahan katun yang mudah menyerap keringat dan pastinya nyaman untuk bayi. Hindari membeli baju yang memiliki jahitan tembus sampai dalam baju karena dapat membuat kulit bayi iritasi.

5. Sarung tangan, kaus kaki

Alasan utama orang tua memakaikan sarung tangan adalah untuk menghindari kuku bayi mencakar wajahnya sendiri. Selama 0-2 bulan bayi disarankan untuk menggunakan sarung tangan. Namun saat usia bayi diatas 2 bulan, ia sudah mampu meraih dan menggenggam sesuatu yang ada disekitarnya. Ini merupakan tanda bahwa ia sedang mengembangakan keterampilan motoriknya.

6. Perlengkapan tidur bayi; bantal, selimut, kelambu

Beberapa bulan setelah lahir, kepala bayi masih sangat lembut dan rentan berubah bentuk. Oleh karena itu pilih bantal yang menjorok ke dalam untuk mencegah kepala bayi agar tidak peyang. Untuk selimut, belilah selimut yang lembut dan tidak berat di tubuh bayi, disarankan yang berbahan katun. Agar bayi bisa tidur nyaman dan bebas gigitan nyamuk, Moms juga bisa memasang kelambu di sekitarnya.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah, Begini Cara Merawat Tali Pusar Si Kecil Agar Terhindar dari Infeksi

7. Peralatan mandi khusus bayi

Kulit bayi amat sensitive, maka dari itu ia membutuhkan peralatan mandi yang memang khusus diformulasikan untuk bayi baru lahir. Beberapa peralatan mandi yang wajib Moms miliki diantaranya yaitu bak mandi, handuk, shampo, sabun, lotion, minyak telon, kain kasa/waslap.

Sebelum membeli bak mandi, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan, yaitu pilih bahan plastik yang BPA free, kokoh, tidak licin di bagian bawahnya, tidak terlalu dalam, dan ada dudukan bayi didalam bak.

8.    Gendongan

Jika Moms mengurus bayi sendiri, Moms akan membutuhkan gendongan. Menggendong bayi dengan gendongan akan memudahkan Moms untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya, selain itu agar tidak capek jika hanya menggendong dengan tangan saja.

Gendongan ada beberapa tipe, ada yang kain dan wrap. Tipe wrap banyak dipilih karena lebih mudah dan praktis untuk digunakan. Dari segi kenyamanan, tentu keduanya sama-sama nyaman untuk bayi. Disarankan untuk memiliki 2 gendongan agar bisa dipakai bergantian jika yang satu sedang dicuci.

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

Tips Melakukan Perawatan Rambut Bayi Agar Tumbuh Sehat Dan Lebat

Moms, gemas bukan saat melihat bayi dengan rambut yang lebat dan sehat? Moms pastinya juga mau kan kalau rambut Si Kecil tumbuh sehat dan lebat seperti itu? Untuk tau rahasianya, baca terus ulasan diartikel ini ya Moms!

Ngidam Saat Hamil, Sebaiknya Dituruti Atau Dihindari?

Ngidam memang membuat ibu hamil memiliki keinginan besar untuk mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Tapi ini bukan berarti Moms bisa makan semua jenis makanan tanpa aturan, lho! Justru saat hamil, sebaiknya Moms lebih berhati-hati dalam memilih jenis makanan.

Moms, Begini Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Benar

Menjadi seorang ibu merupakan pekerjaan termahal di dunia, karena bayarannya adalah kasih sayang sepanjang masa. Dan seorang ibu juga dituntut untuk memiliki kemampuan-kemampuan dalam merawat bayi, yang salah satunya adalah kemampuan memandikan bayi.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan

Apakah Moms punya masalah dengan stretch mark? Guratan garis yang menghiasi permukaan kulit ini seakan sudah lama menjadi masalah bagi kaum ibu. Keberadaan stretch mark sering sekali dikeluhkan karena dianggap mengganggu keindahan dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Tidak heran banyak para ibu yang ingin sekali menyingkirkannya.

Apa Itu Sugar Rush Pada Si Kecil? Ketahui Faktanya Disini

Siapa yang tidak suka makanan manis? Jenis makanan satu ini menjadi makanan yang paling disukai anak-anak, lho. Tapi katanya, jika Si Kecil makan terlalu banyak gula bisa membuatnya mengalami sugar rush. Benar gak sih? Yuk, langsung aja cek faktanya disini!