Gizi

Anjuran Mengkonsumsi Susu UHT Untuk Anak

Time to read: 4 menit

Susu sebagai salah satu sumber nutrisi untuk Si Kecil memiliki peran penting bagi tumbuh kembangnya. Sumber susu terbaik setelah Si Kecil selesai minum ASI adalah susu segar. Namun, susu segar biasanya jarang tersedia di pasaran dan masa penyimpanannya pun juga tidak bisa lama, hanya bertahan 3-4 jam saja dalam suhu ruangan.

Oleh karena itu, tidak jarang orang tua beralih ke susu UHT untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil. Ini karena susu UHT bersifat  cair sama seperti susu segar dan memiliki kandungan yang paling mirip dengan susu segar.

Susu UHT (Ultra High Temperature) merupakan susu yang dipanaskan dengan suhu tinggi (135-140 derajat celcius) dalam waktu singkat sekitar 2-5 detik. Proses pemanasan dilakukan untuk membunuh bakteri dalam susu sehingga layak untuk dikonsumsi. Dikarenakan proses pemanasan yang singkat, maka warna, aroma, rasa dan gizi dalam susu tidak berubah.

Selain itu, masa penyimpanan susu UHT terbilang yang paling lama. Selama susu masih dalam keadaan baik dan tertutup dapat disimpan selama 6-12 bulan dalam suhu ruangan, namun bila sudah dalam keadaan terbuka, susu akan hanya bertahan selama 5 hari di dalam lemari pendingin (kulkas).

Selain sebagai tambahan asupan gizi, susu UHT juga bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi, menunjang tumbuh kembang, sumber energi, membantu perkembangan otak serta membantu penyerapan vitamin lebih baik.

Baca Juga : 6 Resep Enak untuk Si Kecil yang Susah Makan Sayur

Usia berapa Si Kecil bisa minum susu UHT

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan arahan untuk memberikan susu UHT saat anak  berusia diatas 2 tahun atau setelah pemberian ASI selesai. Lain halnya dengan yang disampaikan oleh American Academy Pediatrics, bahwa susu UHT dapat diberikan kepada anak diatas 1 tahun sebagai tambahan asupan gizi.

Anak dibawah satu tahun belum boleh mengkonsumsi susu UHT, karena sistem pencernaannya belum sempurna. Usia menjadi penting untuk diperhatikan orang tua saat memberikan susu UHT agar manfaat dari susu dapat terserap dengan baik dalam tubuh bukan malah menyebabkan masalah kesehatan.

Baca Juga : 11 Makanan Sehat Untuk Bantu Booster ASI

Anjuran minum susu UHT

Pemberian susu UHT juga tidak bisa sembarangan untuk Si Kecil. Menurut ilmuwan nutrisi Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD., anak-anak hanya boleh mengkonsumsi susu UHT sebanyak 2 gelas atau 2 kemasan berukuran 250 ml per harinya.

Hal serupa juga disebutkan dalam sebuah jurnal yang diterbitkan di American Academy of Pediatrics yang melibatkan 1311 anak balita dengan rentang usia 2-5 tahun oleh Dr. Jonathon Maguire dari St. Michael’s Hospital di Toronto, menyebutkan bahwa 2 gelas susu (500 ml) sehari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D serta tidak menurunkan kadar zat besi pada anak.

Penting untuk diingat juga untuk tidak memberikan susu berdekatan dengan jam makan ya Moms, karena susu bisa membuat perut Si Kecil kenyang sehingga nantinya tidak mau makan. Meski Si Kecil minum susu 2 kali sehari, jangan pernah lupakan makanan 4 sehat 5 sempurna nya untuk mendapatkan gizi yang seimbang. Karena susu pada hakikatnya adalah sebagai pelengkap  gizi bukan pengganti makanan padat.

Baca Juga : Si Kecil Alami Alergi Susu Sapi, Apakah Aman Memberikan Susu Soya?

Rekomendasi susu UHT untuk Si Kecil

Sebelum memilih susu UHT, sebaiknya terlebih dulu perhatikan kandungan nutrisi yang ada di sisi kemasan. Kondisi kemasan harus dalam keadaan baik dan tertutup rapat agar mampu disimpan lama didalam lemari pendingin. Ukuran kemasan juga harus disesuaikan dengan usia Si Kecil agar bisa diminum sekali habis.

Selain itu, pilih susu UHT full cream karena kaya akan kandungan lemak. Si kecil membutuhkan lemak untuk mendukung perkembangan otaknya. Berikut ini Nanny Care ID akan memberikan 4 rekomendasi merk susu UHT full cream untuk anak diatas 1 tahun.

1. Greenfield susu UHT

Susu UHT ini mengandung vitamin, mineral penting, protein dan fosfor yang baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan Si Kecil. Greenfield UHT hadir dalam kemasan 125 ml, 200 ml, dan 250 ml dan terdapat 3 varian rasa yaitu, choco malt, full cream, dan strawberry.

2. Frisian Flag Purefarm

Frisian flag purefarm mampu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil karena mengandung protein, karbohidrat, lemak, multivitamin dan mineral. Produk ini bisa dikonsumsi siapa saja kecuali bayi. Tersedia dalam banyak varian rasa yaitu, full cream, coconut delight, strawberry, swiss chocolate, kacang hijau, dan sweet delight.

3. Indomilk susu UHT

Susu indomilk UHT diolah melalui proses sterilisasi HTST (High Temperature Short Time) yang dipanaskan pada suhu 140-145 derajat celcius selama 4 detik sehingga ampuh membunuh bakteri jahat. Dalam setiap kemasannya mengandung vitamin A, B1, B6, dan D3 yang berguna membantu tumbuh kembang Si Kecil. Tersedia varian rasa coklat, strawberry, pisang, mangga, dan banana strawberry.

4. Diamond susu UHT

Susu diamond UHT bisa dikonsumsi baik untuk Moms atau Si Kecil. Produk ini mengandung vitamin lengkap (A, C, D, E, K, B1, B2, B3, B5, B6) dan mineral (kalsium, seng, magnesium, fosfor, selenium).

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

5 Langkah Menghadapi Anak Yang Suka Berkata Kasar

Ketika Si Kecil bicara kasar, tentu Moms penasaran bukan? Dari mana ia mendapatkan kata-kata tersebut dan dari siapa ia belajar bicara seperti itu? Sebagai orang tua, Moms tidak boleh membiarkan hal ini terlalu lama. Sebagai orang tua, Moms harus tegas dalam meluruskan perilakunya dan tidak boleh menganggap remeh hal tersebut.

Manfaat Suka Memelihara Hewan Bagi Anak

Beberapa orang tua sering berpikiran bahwa memelihara binatang itu merepotkan bahkan tidak baik bagi kesehatan dan pertumbuhan Si Kecil. Namun dibalik semua ketakutan itu, memelihara hewan dirumah ternyata memiliki banyak manfaat lho Moms. Apa saja manfaatnya? Yuk, cari tau lengkapnya disini!

Mengenalkan Kebaikan Di Bulan Ramadhan Kepada Anak

Bulan Ramadhan bukan hanya sekedar mengajarkan pada Si Kecil soal menahan lapar dan haus dari pagi hingga petang. Masih banyak hal baik yang bisa dilakukan di bulan penuh berkah dan ampunan ini. Maka dari itu, yuk Moms, mulai ajarkan kebaikan pada Si Kecil dimulai dengan hal-hal sederhana berikut ini.

Anak-Anak Sering Tergoda Saat Berpuasa? Lakukan 5 Cara Ini

Umumnya, anak usia sekolah sudah mulai diajarkan berpuasa oleh orang tuanya. Tapi karena masih pemula, anak-anak sering mengeluh lapar dan haus saat siang hari. Hal ini sebenarnya wajar saja terjadi, namanya juga masih anak-anak. Namun, bukan berarti orang tua tidak bisa menyiasati agar anak kuat berpuasa. Simak 5 tips berikut ini agar anak tidak mudah tergoda saat puasa.

Tips Mengajari Anak Berpuasa Pertama Kali

Meskipun anak-anak belum diwajibkan untuk berpuasa, tidak ada salahnya Moms mengajarkannya Si Kecil sejak dini agar nantinya ia siap saat sudah diwajibkan berpuasa. Lalu bagaimana cara mengajarkan Si Kecil berpuasa sejak dini?