Tips

Apa Saja Manfaat Pijat Pasca Melahirkan Untuk Tubuh Ibu?

Time to read: 3 menit

Pijat seringkali digunakan untuk mengusir rasa lelah dan pegal-pegal. Selain itu, pijat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk Moms yang baru melahirkan. Pijat pasca melahirkan atau pijat postpartum dapat membantu pemulihan tubuh lebih cepat. American Pregnancy Association (APA) juga menjelaskan bahwa pijat pasca melahirkan penting untuk dilakukan dan memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Temukan terapis pijat yang sudah bersertifikat dan ahli dalam menangani terapi pemijatan ibu hamil dan pijat pasca melahirkan. Terapis pijat pada layanan homecare spa & massage di Nanny Care ID adalah terapis yang sudah bersertifikat serta telah mendapatkan pelatihan khusus. Para terapis juga telah menempuh pendidikan minimal D3 atau D4 Kebidanan sehingga siap menangani para ibu yang baru melahirkan.

Baca Juga : Mengapa Si Kecil Perlu Dipijat? Ketahui Alasan Serta Manfaatnya

Manfaat pijat pasca melahirkan

Seperti yang diketahui, pijat pasca melahirkan memang bisa membantu tubuh lebih cepat pulih setelah melahirkan, membuat kondisi kesehatan jadi lebih baik serta membawa banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak terus tulisan dibawah ini ya Moms!

  • Meredakan rasa sakit dan pegal-pegal

Setelah melahirkan dan mengurus Si Kecil, tubuh pasti akan merasakan pegal-pegal terutama pada bagian punggung, bahu dan lengan. Tidak ketinggalan juga otot tubuh merasakan tegang pada bagian pinggul, perut, dan bagian bawah punggung.

Pijatan memberikan rasa rileks pada tubuh dan pikiran yang dapat meredakan rasa nyeri dan pegal-pegal pada tubuh setelah melahirkan. Ini lebih baik daripada Moms harus mengkonsumsi obat anti nyeri setiap kali merasa sakit.

  • Memperbanyak produksi ASI

Jika Moms ingin meningkatkan volume produksi ASI, minta kepada terapis untuk dipijat di area payudara. Saat dipijat tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin dan endorfin yang mana hormon tersebut bermanfaat untuk memperlancar produksi ASI.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Melahirkan memang sesuatu yang membahagiakan, tapi tidak bisa pungkiri kalau melahirkan menguras banyak sekali tenaga, belum lagi Moms harus mengurus Si Kecil selama 24 jam penuh.

Dengan dipijat, tubuh akan kembali rileks membuat Moms tidur lebih baik. Ibu yang baru melahirkan membutuhkan tidur yang banyak. Meskipun pijatan dapat membantu proses pemulihan lebih cepat, tapi tidur yang cukup adalah kunci pemulihan tubuh.

Baca Juga : Menjaga Janin Tetap Aman, Ini Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

  • Mengurangi stres dan cemas

Pasca melahirkan, Moms rentan mengalami perubahan suasana hati (mood swing) yang parah. Kondisi ini biasa disebut baby blues dan akan berlangsung selama 2 minggu sejak hari pertama melahirkan atau bahkan bisa mengalami kondisi yang lebih serius yakni depresi postpartum (depresi pasca melahirkan).

Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa pijatan bermanfaat untuk mengurangi rasa cemas dan stres berlebih. Dalam kondisi seperti ini, pijatan bekerja untuk melemaskan otot, menurunkan hormon stres dan memberikan efek nyaman pada tubuh.

  • Mengurangi pembengkakan

Banyak dari ibu yang baru melahirkan menemukan tubuhnya membengkak. Hal ini benar adanya karena volume cairan tubuh mengalami peningkatan sekitar 50% saat hamil dan melahirkan.

Pijat pasca melahirkan membantu mendistribusikan ulang air dalam tubuh serta mendorong pengurasan dan sirkulasi cairan berlebih. Pembekakan juga dipengaruhi oleh hormon yang mengalami perubahan setelah melahirkan, pijatan membantu pengaturan hormon dan mengurangi bengkak.

Baca Juga : Yuk, Intip Tahapan Perkembangan Janin Selama Dalam Kandungan

Waktu yang tepat untuk pijat

Memijat sebenarnya boleh dilakukan kapan saja, jika Moms melahirkan secara normal. Kalau Moms melahirkan dengan proses caesar, disarankan untuk menundanya sampai 2 minggu atau sampai lukanya kering dan sembuh.

Jika tetap ingin dipijat, instruksikan kepada terapis untuk tidak memijat bagian perut karena dapat menyebabkan nyeri. Mintalah kepada terapis untuk memijat bagian yang rentan mengalami pegal-pegal seperti bahu, punggung, lengan, kaki dan kepala.

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

5 Langkah Menghadapi Anak Yang Suka Berkata Kasar

Ketika Si Kecil bicara kasar, tentu Moms penasaran bukan? Dari mana ia mendapatkan kata-kata tersebut dan dari siapa ia belajar bicara seperti itu? Sebagai orang tua, Moms tidak boleh membiarkan hal ini terlalu lama. Sebagai orang tua, Moms harus tegas dalam meluruskan perilakunya dan tidak boleh menganggap remeh hal tersebut.

Manfaat Suka Memelihara Hewan Bagi Anak

Beberapa orang tua sering berpikiran bahwa memelihara binatang itu merepotkan bahkan tidak baik bagi kesehatan dan pertumbuhan Si Kecil. Namun dibalik semua ketakutan itu, memelihara hewan dirumah ternyata memiliki banyak manfaat lho Moms. Apa saja manfaatnya? Yuk, cari tau lengkapnya disini!

Mengenalkan Kebaikan Di Bulan Ramadhan Kepada Anak

Bulan Ramadhan bukan hanya sekedar mengajarkan pada Si Kecil soal menahan lapar dan haus dari pagi hingga petang. Masih banyak hal baik yang bisa dilakukan di bulan penuh berkah dan ampunan ini. Maka dari itu, yuk Moms, mulai ajarkan kebaikan pada Si Kecil dimulai dengan hal-hal sederhana berikut ini.

Anak-Anak Sering Tergoda Saat Berpuasa? Lakukan 5 Cara Ini

Umumnya, anak usia sekolah sudah mulai diajarkan berpuasa oleh orang tuanya. Tapi karena masih pemula, anak-anak sering mengeluh lapar dan haus saat siang hari. Hal ini sebenarnya wajar saja terjadi, namanya juga masih anak-anak. Namun, bukan berarti orang tua tidak bisa menyiasati agar anak kuat berpuasa. Simak 5 tips berikut ini agar anak tidak mudah tergoda saat puasa.

Tips Mengajari Anak Berpuasa Pertama Kali

Meskipun anak-anak belum diwajibkan untuk berpuasa, tidak ada salahnya Moms mengajarkannya Si Kecil sejak dini agar nantinya ia siap saat sudah diwajibkan berpuasa. Lalu bagaimana cara mengajarkan Si Kecil berpuasa sejak dini?