Tips

Dirumah Saja, Lakukan 5 Hal Ini Agar Si Kecil Tidak Mudah Bosan

Time to read: 5 menit

Berada dirumah untuk waktu yang lama pasti bisa membuat Si Kecil cepat bosan. Tidak mudah memang untuk menerapkan gaya hidup baru ditengah pandemi seperti ini. Tidak hanya Moms yang harus bekerja dari rumah, Si Kecil pun juga harus belajar dari rumah karena sekolah mulai diliburkan demi menekan angka penyebaran virus Covid19 ini.

Moms bisa memanfaatkan waktu ini untuk bisa q-time dengan Si Kecil. Karena biasanya Moms sibuk bekerja dan hanya punya waktu saat weekend, maka momen ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Meski dirumah aja, Moms bisa loh membuat kegiatan menarik agar Si Kecil tidak mudah bosan.

5 Tips Kegiatan yang bisa Moms lakukan selama dirumah aja.

1. Olahraga

Bangun pagi bisa menjadi awal yang bagus. Hal pertama yang bisa Moms lakukan setelah bangun pagi  adalah dengan berolahraga bersama Si Kecil. Olahraga tidak selamanya harus dilakukan diluar rumah dan di tempat yang luas. Moms bisa memanfaatkan pekarangan rumah, ruang tamu, atau teras rumah. Cukup 15 sampai 20 menit saja yang penting Si Kecil merasa senang dan juga semangat untuk mengawali harinya daripada kembali tidur dan bangun di siang hari.

2. Memasak

Selain karena takut Si Kecil bosan tidak ada kegiatan dirumah, Moms juga takut Si Kecil akan bosan dengan menu makanan rumah kan? Daripada bingung sendiri, Moms bisa ajak mereka memasak bersama. Tanyakan menu apa yang mereka ingin makan hari ini dan ajarkan mereka cara membuatnya. Kudapan seperti donat, pizza, es krim, atau sandwich bisa menjadi ide memasak bersama. Selain karena mudah dibuat bahannya pun mudah ditemukan dan ada dirumah. Menambah topping dan menghias makanan pasti sangat menyenangkan bagi mereka. Mereka pasti akan lahap menyantap makanan hasil buatannya sendiri. Moms bisa membuat kudapan ini dalam jumlah banyak dan menyimpannya di kulkas agar sewaktu-waktu bisa dihangatkan dan langsung dinikmati.

3. Membaca cerita

Saat santai siang, Moms bisa membacakan buku kesukaan Si Kecil. Buatlah list untuk setiap buku yang akan dibaca setiap harinya dengan tema berbeda. Si Kecil biasanya menyukai buku bacaan dengan tema petualangan, bisa juga dengan tema petualangan binatang seperti Si Kancil. Membaca cerita juga bisa dilakukan sebagai kegiatan selingan saat malam hari sebelum tidur.

4. Berkebun

Selain dapat menghilangkan rasa bosan, kegiatan berkebun dipercaya memiliki segudang manfaat untuk Si Kecil. Diantaranya adalah mengasah sensor motorik, mengajarkan tanggung jawab, melatih kesabaran dan mengajarkan Si Kecil untuk makan sayur-sayuran.

Seperti dilansir dari halodoc.id, dengan berkebun, Si Kecil dapat mengembangkan hampir semua jenis indra yang dimilikinya. Mereka bisa merasakan tekstur tanah, biji, bunga, dan kelopak bunga dengan tangannya. Mereka juga bisa mencium berbagai aroma bunga dan melihat kelopak bunga yang berwarna-warni. Manfaat berkebun juga dapat membantu mengembangkan koordinasi tangan-mata dan membangun kekuatan fisik Si Kecil. Berkebun membuat Si Kecil aktif bergerak saat bekerja keras menggali, membawa, mengangkat, menyaring, menyiram, dan lain-lain.

5. Membuat kerajinan

Yuk, ajak Si Kecil membuat kerajinan dirumah! Moms jangan takut pusing rumah akan berantakan ya, karena kegiatan ini akan sangat membantu meningkatkan kreativitas Si Kecil. Biarkan mereka berekspresi dengan idenya. Tidak perlu bikin yang ribet, Moms bisa memanfaatkan barang bekas dirumah seperti botol bekas air mineral, sedotan, stik es krim ataupun manik-manik.

Dengan bahan-bahan sederhana seperti diatas, Moms bisa mengubahnya menjadi berbagai macam benda. Seperti tempat pensil dari botol, bunga dari sedotan, pajangan foto dari stik es krim dan gelang dari manik-manik.

Bagaimana, seru bukan? Sekarang Moms tidak perlu pusing lagi karena kehabisan ide. Memang pasti butuh usaha lebih untuk menjaga mood Si Kecil agar tidak mudah bosan. Nah, kira-kira dari 5 tips ini, kegiatan mana saja yang sudah Moms lakukan bersama Si Kecil?

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

5 Langkah Menghadapi Anak Yang Suka Berkata Kasar

Ketika Si Kecil bicara kasar, tentu Moms penasaran bukan? Dari mana ia mendapatkan kata-kata tersebut dan dari siapa ia belajar bicara seperti itu? Sebagai orang tua, Moms tidak boleh membiarkan hal ini terlalu lama. Sebagai orang tua, Moms harus tegas dalam meluruskan perilakunya dan tidak boleh menganggap remeh hal tersebut.

Manfaat Suka Memelihara Hewan Bagi Anak

Beberapa orang tua sering berpikiran bahwa memelihara binatang itu merepotkan bahkan tidak baik bagi kesehatan dan pertumbuhan Si Kecil. Namun dibalik semua ketakutan itu, memelihara hewan dirumah ternyata memiliki banyak manfaat lho Moms. Apa saja manfaatnya? Yuk, cari tau lengkapnya disini!

Mengenalkan Kebaikan Di Bulan Ramadhan Kepada Anak

Bulan Ramadhan bukan hanya sekedar mengajarkan pada Si Kecil soal menahan lapar dan haus dari pagi hingga petang. Masih banyak hal baik yang bisa dilakukan di bulan penuh berkah dan ampunan ini. Maka dari itu, yuk Moms, mulai ajarkan kebaikan pada Si Kecil dimulai dengan hal-hal sederhana berikut ini.

Anak-Anak Sering Tergoda Saat Berpuasa? Lakukan 5 Cara Ini

Umumnya, anak usia sekolah sudah mulai diajarkan berpuasa oleh orang tuanya. Tapi karena masih pemula, anak-anak sering mengeluh lapar dan haus saat siang hari. Hal ini sebenarnya wajar saja terjadi, namanya juga masih anak-anak. Namun, bukan berarti orang tua tidak bisa menyiasati agar anak kuat berpuasa. Simak 5 tips berikut ini agar anak tidak mudah tergoda saat puasa.

Tips Mengajari Anak Berpuasa Pertama Kali

Meskipun anak-anak belum diwajibkan untuk berpuasa, tidak ada salahnya Moms mengajarkannya Si Kecil sejak dini agar nantinya ia siap saat sudah diwajibkan berpuasa. Lalu bagaimana cara mengajarkan Si Kecil berpuasa sejak dini?