Gizi

Jangan Dimarahi! Begini Cara Merayu Si Kecil Agar Mau Makan Sayur

Time to read: 5 menit

Sayur mayur merupakan bagian dari makanan 4 sehat 5 sempurna. Memakan sayuran sayuran sangat bermanfaat untuk pertumbuhan Si Kecil. Tapi bagaimana jika Si Kecil tidak suka makan sayur?

Bagi anak-anak, sayuran merupakan makanan yang dihindari karena rasanya yang tidak enak, sehingga Si Kecil seringkali menolak setiap kali diminta untuk memakannya. Pada situasi seperti ini, Moms jangan sampai memarahi, memaksa apalagi sampai mengiming-imingi Si Kecil dengan hadiah. Karena semakin dipaksa, akan semakin menolak.

Lantas, bagaimana cara membuat Si Kecil suka makan sayur? Berikut beberapa kiat yang bisa Moms praktekan di rumah agar Si Kecil mau makan sayur.

1. Kenalkan sayuran sejak dini

Untuk Si Kecil menjadi terbiasa makan sayur, Moms perlu mengenalkannya sedini mungkin. Ketika Si Kecil menginjak usia 6 bulan, maka ia sudah siap untuk menerima makanan selain ASI. Moms bisa mengenalkannya pada saat Si Kecil mulai mengkonsumsi MPASI (Makanan Pendamping ASI).

Moms bisa menyajikannya dalam setiap kesempatan, pada saat makan siang ataupun malam. Ulangi kebiasaan ini sampai Si Kecil tumbuh besar.

2. Jadilah contoh untuk Si Kecil

Jangan hanya menyuruh Si Kecil untuk makan sayur, tapi Moms juga harus menjadi contoh. Kalau Moms suka makan sayur, Si Kecil akan merasa penasaran apakah benar sayuran rasanya enak?

Dimulai dari rasa penasaran, Si Kecil akan dengan sendirinya mencoba. Ketika Si Kecil sudah mau mulai mencoba makan sayur, Moms bisa menyajikan sayur dalam menu beragam agar tidak terlihat membosankan.

3. Ajak Si Kecil belanja sayuran bersama

Berbelanja bersama adalah momen yang seru bagi Moms dan Si Kecil. Pada saat berbelanja bersama, ajak Si Kecil mengenal langsung sayur-sayuran. Mungkin selama ini Si Kecil hanya tau sayur-sayuran lewat televisi dan buku bacaan sehingga tidak menggugah minat untuk memakannya.

Biarkan Si Kecil memilih sendiri sayuran apa yang ingin dimakan. Agar Moms tau jenis sayuran apa yang ia sukai. Tidak apa-apa kalau Si Kecil memilih jenis sayur yang sama terus menerus. Setidaknya ia sudah mulai menyukainya dan Moms tidak perlu sampai memaksa dan susah untuk membujuknya lagi.

4. Masak bersama

Selain berbelanja bersama Si Kecil, Moms juga bisa mengajaknya memasak bersama.  Dengan memasak bersama, ini akan membuat Si Kecil makin terdorong untuk memakan sayuran hasil masakannya sendiri. Selama memasak, Moms juga bisa sambil memberitahu Si Kecil manfaat dari sayuran tersebut.

5. Beri pujian

Setelah Si Kecil akhirnya mau makan sayuran, berikan ia pujian. Anak-anak pada dasarnya senang dipuji, ini akan membuat Si Kecil senang sekaligus bersemangat.

Memberikan pujian tidak harus dengan kata-kata yang berlebihan. Moms cukup mengusap kepala nya dengan lembut sambil berkata “Wah, anak mama hebat sudah mau makan sayur sampai habis!”

Daripada memberikan janji manis berupa sogokan akan memberikan cemilan seperti coklat dan permen sebagai reward karena mau makan sayur, masih lebih baik kalau Moms memberikan pujian. Dikhawatirkan, alasan Si Kecil makan sayur bukan karena ia memang suka, tapi karena ada reward yang ia tunggu kalau ia mau makan sayur.

6. Sajikan sayuran dengan menu beragam

Agar Si Kecil tidak cepat bosan, Moms bisa menyajikannya dengan menu beragam. Moms bisa mencari referensi beragam menu makanan yang mengandung sayur di internet kalau bingung.

Sayur-sayuran tidak hanya bisa dijadikan sup atau tumisan, tapi juga bisa menjadi cemilan dan topping makanan. Makanan seperti sandwich, burger dan pasta mudah menarik perhatian Si Kecil. Moms bisa menyiasati ini dengan menambahkan sayur-sayuran seperti brokoli, wortel, jagung manis, tomat atau jamur sebagai topping.

7. Jangan dipaksa

Jika pada akhirnya Si Kecil masih sulit untuk makan sayur, Moms tetap tidak boleh memaksanya. Mungkin Si Kecil akan makan sayur kalau Moms memaksa, tapi ia akan makan dengan terpaksa dan tertekan karena Moms mengancam dan memarahinya. Moms tentu tidak mau kan hal ini terjadi?

Membuat Si Kecil agar suka makan sayur memang tidak mudah. Butuh waktu agar Si Kecil menjadi terbiasa. Selain harus sabar, Moms juga harus pandai dan kreatif dalam mengenalkan sayuran pada Si Kecil agar ia tidak cepat bosan.

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

5 Langkah Menghadapi Anak Yang Suka Berkata Kasar

Ketika Si Kecil bicara kasar, tentu Moms penasaran bukan? Dari mana ia mendapatkan kata-kata tersebut dan dari siapa ia belajar bicara seperti itu? Sebagai orang tua, Moms tidak boleh membiarkan hal ini terlalu lama. Sebagai orang tua, Moms harus tegas dalam meluruskan perilakunya dan tidak boleh menganggap remeh hal tersebut.

Manfaat Suka Memelihara Hewan Bagi Anak

Beberapa orang tua sering berpikiran bahwa memelihara binatang itu merepotkan bahkan tidak baik bagi kesehatan dan pertumbuhan Si Kecil. Namun dibalik semua ketakutan itu, memelihara hewan dirumah ternyata memiliki banyak manfaat lho Moms. Apa saja manfaatnya? Yuk, cari tau lengkapnya disini!

Mengenalkan Kebaikan Di Bulan Ramadhan Kepada Anak

Bulan Ramadhan bukan hanya sekedar mengajarkan pada Si Kecil soal menahan lapar dan haus dari pagi hingga petang. Masih banyak hal baik yang bisa dilakukan di bulan penuh berkah dan ampunan ini. Maka dari itu, yuk Moms, mulai ajarkan kebaikan pada Si Kecil dimulai dengan hal-hal sederhana berikut ini.

Anak-Anak Sering Tergoda Saat Berpuasa? Lakukan 5 Cara Ini

Umumnya, anak usia sekolah sudah mulai diajarkan berpuasa oleh orang tuanya. Tapi karena masih pemula, anak-anak sering mengeluh lapar dan haus saat siang hari. Hal ini sebenarnya wajar saja terjadi, namanya juga masih anak-anak. Namun, bukan berarti orang tua tidak bisa menyiasati agar anak kuat berpuasa. Simak 5 tips berikut ini agar anak tidak mudah tergoda saat puasa.

Tips Mengajari Anak Berpuasa Pertama Kali

Meskipun anak-anak belum diwajibkan untuk berpuasa, tidak ada salahnya Moms mengajarkannya Si Kecil sejak dini agar nantinya ia siap saat sudah diwajibkan berpuasa. Lalu bagaimana cara mengajarkan Si Kecil berpuasa sejak dini?