Tumbuh Kembang Anak

Jangan Takut Kotor, Ketahui Manfaat Sensory Play Untuk Si Kecil

Time to read: 4 menit

Dari sekian banyak kegiatan yang bisa dilakukan Si Kecil, bermain adalah hal yang paling ia sukai. Bermain bukan hanya menarik dan menyenangkan untuk dilakukan, namun juga bisa membantu Si Kecil dalam mengembangkan kreativitas, imajinasi, mengasah kemampuannya dalam memecahkan masalah serta mengasah panca indra.

Ada banyak jenis permainan yang bisa Si Kecil mainkan, salah satunya yaitu permainan sensory atau sensory play. Apakah Moms sudah mengenal permainan dengan metode yang satu ini? Kalau belum, ayo kita kenalan dulu!

Sensory play berasal dari dua kata, yaitu sense dan play. Kata sense memiliki banyak arti, namun dalam konteks ini diartikan sebagai 5 panca indra, yaitu indra penglihatan, penciuman, pendengaran, peraba dan perasa. Sedangkan play memiliki arti bermain. Jadi, sensory play merupakan permainan yang melibatkan lebih dari satu panca indra.

Manfaat sensory play untuk Si Kecil

Sensory play sangat bagus untuk Si Kecil, karena dengan mengeksplorasi lewat indra merupakan cara ia untuk memahami dan mempelajari dunia di sekitarnya. Lebih dari itu, sensory play ternyata memiliki segudang manfaat bagi tumbuh kembang Si Kecil.

  • Mendorong perkembangan kognitif Si Kecil

Untuk mendorong perkembangan kognitifnya, dibutuhkan pengalaman dan simulasi. Pengalaman yang Si Kecil dapatkan akan direkam dan disimpan dalam otak untuk kemudian digunakan ketika ia menghadapi hal yang serupa. Dengan sensory play juga mengajarkan Si Kecil untuk berpikir kritis dan analitis.

  • Mendorong stimulasi motorik halus dan motorik kasar Si Kecil

Motorik halus merupakan kemampuan yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata dan tangan, seperti meremas, tepuk tangan, dan memindahkan barang dari satu tangan ke tangan lainnya. Aktivitas bermain seringkali melibatkan semua anggota tubuh Si Kecil, seperti menendang, melompat, berjalan dan duduk. Dengan menggerakan anggota tubuh ini juga melatih motorik kasarnya.

  • Mendorong kemampuan berbahasa dan komunikasi

Si Kecil seringkali kesulitan untuk menangkap makna suatu kata, misal cair, basah, kering, keras, lembut, lengket, licin dan lainnya. Permainan sensory akan membantunya memahami kata-kata tersebut lewat pengalaman. Misal bermain playdough yang memiliki tekstur lembut dan lengket, ia akan mudah memahaminya karena ia mengalami sendiri bagaimana tekstur play dough itu.

  • Mendorong kreativitas dan pemecahan masalah

Sensory play dapat menggunakan berbagai macam jenis barang. Moms tinggal siapkan saja bahan yang akan digunakan, setelah itu biarkan ia bereksplorasi dan bereksperimen sendiri.

5 ide permainan sensory play

Setelah tau manfaat dari sensory play, sekarang Nanny Care ID mau kasih ide permainan sensori yang bisa Moms coba bersama Si Kecil dirumah. Permainan sensory seringkali agak berantakan bahkan tidak jarang membuat kotor. Tapi jangan dulu khawatir, karena kotor sebenarnya bermanfaat untuk meningkatkan imunitas secara alami. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 ide sensory play untuk Moms dan Si Kecil.

1. Lets paint!

Ilustrasi gambar : freepik.com

Melukis bisa jadi kegiatan yang menyenangkan, karena ia bisa bebas berimajinasi. Siapkan cat warna dan wadah, kuas dan kanvas. Si Kecil bisa jadi lebih suka melukis menggunakan tangan ketimbang kuas. Jadi sebaiknya siapkan cat warna yang aman untuk anak dan mudah dibersihkan, karena pasti cat akan menempel pada bagian tubuhnya juga.

2. Water beads pond

Ilustrasi gambar : champagneandshimmer.com

Bermain dengan waterbeads bisa untuk mengasah kemampuan berpikir Si Kecil. sebelum bermain, water beads perlu ditaruh ke dalam air supaya mengembang. Setelah mengembang taruh lah dalam wadah. Setelah water beads ditaruh wadah, sebar beberapa mainan berukuran kecil kedalamnya. Biarkan Si Kecil mencari dan menggenggam, dan menyentuhnya.

3. Slime

Ilustrasi gambar : freepik.com

Slime memiliki tekstur yang lengket dan lembut yang tentunya sangat menarik perhatian Si Kecil. Moms bisa membuatnya sendiri dirumah bersama Si Kecil. caranya mudah, tuangkan sabun cair kedalam mangkuk, campurkan tepung maizena sebanyak 500 gram, tuangkan air sedikit demi sedikit, lalu beri pewarna makanan (warna sesuai selera), terakhir aduk seperti adonan kue sampai warna merata.

4. Playdough

Ilustrasi gambar : freepik.com

Play dough dapat membantu mengembangkan kreativitas Si Kecil, karena dapat dengan mudah dibentuk. Moms bisa membuat sendiri dirumah dengan menggunakan bahan dapur, seperti tepung terigu, air, minyak sayur dan pewarna makanan.

5. Color rice

Ilustrasi gambar : busytoddler.com

Color rice bisa membantu Si Kecil mengenal warna. Untuk membuatnya, bagi beras ke dalam beberapa wadah, lalu beri sedikit pewarna makanan yang berbeda pada tiap-tiap toples. Lalu, tutup dan kocok toples sampai semua beras tertutup warna. Setelah itu, tuangkan dan ratakan beras ke atas kerta untuk dijemur, lalu tunggu sampai kering. Setelah kering, Moms bisa langsung menggunakannya untuk bermain.

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

Sekolah Alam, Pembelajaran Diluar Ruangan Bantu Tumbuh Kembang Si Kecil

Meskipun namanya sekolah alam, pengajarannya tetap berbasis kurikulum, sehingga tidak kalah bagusnya dengan sekolah pada umumnya. Secara umum, konsep sekolah alam memanfaatkan alam sebagai sumber utamanya, yakni sebagai ruang kelas, media belajar, bahan ajar, dan sekaligus sebagai objek pembelajaran.

Si Kecil Hanya Aktif Atau Memang Hiperaktif? Ketahui Bedanya!

Semakin tumbuh besar, Si Kecil jadi makin aktif ya Moms? Tingkah lakunya jadi semakin banyak, seperti bergerak dan berlari kesana kemari sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Namun seringkali Moms suka salah menafsirkan perilaku aktif Si Kecil dan lebih suka melabelinya sebagai anak hiperaktif. Supaya Moms tidak salah tafsir lagi, Nanny Care akan kasih tau, gimana sih bedanya anak aktif dan hiperaktif!

Bagaimana Ciri-Ciri Nanny Yang Baik?

Jaman sekarang mencari nanny sangat mudah, yang sulit adalah mencari yang mau menjaga komitmennya dalam bekerja. Namun bukan berarti tidak ada sama sekali ya, Moms. Kenali 5 ciri-ciri nanny yang baik yang bisa dijadikan pegangan untuk Moms dalam memilih nanny untuk Si Kecil.

Program Bayi Tabung, Pahami Proses Dan Tingkat Keberhasilannya

Umumnya, pasangan suami istri yang sulit memiliki momongan memilih untuk melakukan program bayi tabung atau in vitro fertilization. Program bayi tabung sudah umum dilakukan dan dinilai efektif dalam membantu wanita agar cepat hamil. Lalu, bagaimana prosedurnya jika ingin mengikuti program bayi tabung? Baca terus untuk melihat ulasan lengkapnya!

Bikin Senyum Bayi Tambah Manis, Berikut Ini Fakta Tentang Lesung Pipi

Katanya, lesung pipi dapat membuat senyum seseorang tambah menawan. Seolah menjadi poin plus bagi pemiliknya, seseorang dengan lesung pipi sering dianggap sosok yang manis. Namun, dibalik keindahan lesung pipi, ada fakta menarik yang perlu Moms ketahui.