Tips

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ibu Baru Mencari Pengasuh untuk Bayi Baru Lahir?

Time to read: 5 menit

Pasca melahirkan, mengurus bayi baru lahir untuk sebagian orang tua baru bisa jadi hal yang melelahkan. Ditambah lagi jika Moms juga memberikan ASI eksklusif kepada Si Kecil atau Moms menjalani proses melahirkan melalui caesar. Bisa dibayangkan bagaimana lelahnya Moms baik dari segi fisik maupun mental.

Karenanya, tidak jarang para orangtua (ayah dan ibu mertua) suka turut membantu dalam mengurus berbagai keperluan Si Kecil. Meski tidak perlu diragukan lagi, mereka akan siap membantu merawat Si Kecil sepenuh hati, tapi Moms juga tidak bisa mengandalkan mereka setiap saat.

3 bulan cuti pasca melahirkan rasanya cepat sekali berlalu, terlalu singkat untuk bisa memahami kebutuhan Si Kecil sepenuhnya. Belum memiliki pengalaman sama sekali sebagai orangtua baru membuat Moms membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Kalau Moms sungkan meminta bantuan orangtua karena tidak mau merepotkan mereka, Moms bisa menyewa jasa profesional untuk membantu merawat Si Kecil. Dengan menyewa jasa pengasuh yang profesional, Moms juga bisa sambil belajar darinya bagaimana cara yang benar menangani Si Kecil.

Baca Juga : Tips untuk New Moms: Cara yang Benar Menggendong Bayi Baru Lahir

Kapan waktu yang pas untuk mencari pengasuh untuk bayi baru lahir?

Tinggal di kota besar seperti ini bukan perkara sulit menemukan agensi yang menyediakan layanan pengasuh bayi baru lahir. Masalahnya adalah, kapan sebaiknya Moms mulai mencari pengasuh, supaya ketika bayi lahir, Moms sudah tidak repot lagi memikirkan hal itu.

Mencari pengasuh bisa jadi susah susah gampang, banyak yang bisa dipilih, tapi belum tentu sreg di hati. Maka dari itu, disarankan untuk mencari pengasuh dari jauh-jauh hari. Pada saat usia kandungan mulai memasuki minggu ke-28  atau Trimester 3, Moms bisa mulai mencari pengasuh.

Mengapa disarankan pada saat trimester ke-3? Karena pada saat memasuki trimester 3, Moms sudah tidak lagi rentan mengalami mual-mual atau morning sickness. Jadi Moms bisa lebih fokus mencari pengasuh.

Selain itu, jarak antara waktu melahirkan masih cukup lama, 2 bulan lagi (minggu ke-41). Dalam waktu 2 bulan, setidaknya Moms sudah lebih matang dalam menentukan bantuan seperti apa yang kira-kira dibutuhkan ketika Si Kecil lahir nanti.

Apabila Moms menemukan pengasuh lebih cepat dari dugaan, itu justru bagus sekali. Ini bisa menjadi waktu buat Moms dan pengasuh untuk saling mengenal. Selain itu, sebelum pengasuh benar-benar bekerja dirumah, Moms bisa mulai melatih dan mengenalkannya pada lingkungan rumah agar nanti pengasuh tidak lagi gugup dan bisa beradaptasi dengan baik.

Baca Juga : Yang Harus Moms Perhatikan Sebelum Memilih Nanny untuk Anak

Kriteria seperti apa yang harus dimiliki pengasuh?

Dalam memilih pengasuh anak, Moms harus mempunyai kriteria seperti apa pengasuh yang diinginkan supaya cocok dengan kultur dirumah. Kriteria yang harus dipenuhi bukan hanya mengenai hal dasar yang sudah menjadi tugas pengasuh seperti bisa memandikan, mengganti popok, menggendong bayi dan lain-lain.

Moms harus memiliki kriteria yang lebih spesifik, seperti:

1. Pengalaman mengurus bayi sebelumnya

2. Latar belakang pendidikan yang jelas

3. Memiliki sikap penyayang

4. Memiliki kemauan untuk belajar

5. Sopan dalam bertutur kata dan bersikap

6. Jujur, sabar dan telaten dalam mengurus bayi

7. Menjaga kebersihan diri dan berpenampilan rapi

8. Dan tentu saja, cocok dengan Moms dan keluarga dirumah

Kelahiran anak pertama bagi pasangan muda adalah momen bahagia yang ditunggu-tunggu. Mengurus bayi baru lahir memang dibutuhkan kesiapan, baik mental maupun fisik, karena banyak kebiasaan yang akan berubah ketika Si Kecil sudah lahir.

Sebagai orangtua, apabila dirasa belum yakin untuk mengurus bayi seorang diri, jangan ragu untuk menghubungi jasa profesional. Moms bisa mempercayakan Nannycare.id untuk merawat Si Kecil yang baru lahir. Butuh bantuan segera? Silahkan hubungi melalui website kami di www.nannycare.id atau bisa hubungi kami 021 2912 5707 /  08111511805.

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

Mitos atau Fakta, Kebiasaan Mengempeng Bisa Bikin Gigi Si Kecil Tonggos?

Memberikan empeng pada saat anak mulai rewel dan menangis memang lumrah dilakukan. Tapi, apakah dengan memberikan empeng secara terus menerus aman untuk si kecil atau malah akan menimbulkan kerusakan gigi seperti gigi tonggos nantinya?

4 Tips Agar Anak Mau Pakai Masker

Anak-anak tidak suka pakai masker bukan berarti ia tidak mau sama sekali. Moms masih bisa mengusahakannya lho, jadi jangan putus asa dulu. Berikut 5 tips yang sudah Nanny Care ID rangkum untuk Moms.

Jasa Perawat Bayi Baru Lahir Oleh Bidan di Rumah | Home Care Baby

Jasa Home Care Baby terbaik dan terpercaya. Tanpa biaya admin, Kualitas terbaik, Harga lebih hemat. Tunggu apa lagi, Pesan Sekarang

Fakta Ilmiah Dibalik Bau Badan Bayi Yang Enak dan Khas

Setuju gak si Moms kalau bayi baru lahir itu punya bau yang enak dan khas banget? Dan bukan hanya Moms saja yang suka menciumnya, tapi setiap orang yang melihat Si Kecil pasti langsung refleks ingin menciumnya juga. Hal ini membuktikan bahwa semua orang memang menyukai aroma khas bayi, tapi Moms tau gak sih apa penyebabnya? Biar Moms gak penasaran, mari simak penjelasan berikut ini.

The Best Nanny & Governess Agency in Indonesia (Jakarta & Bali) | Babysitter, Au Pair & Child Care (Baby Newborn) Specialist

Nowadays, everything is easy, including finding a trusted childminder. To get the best experience, you can visit www.nannycare.id which provides services ranging from babysitters to toddlers, school-age children, and newborns in one place. Practical isn't it?