×

Penyebab Anak Jadi Pendiam Saat Diajak Keluar Rumah

Anak sering menjadi pendiam saat diajak keluar rumah

Penyebab Anak Jadi Pendiam Saat Diajak Keluar Rumah

Time to read: 4 menit

Si Kecil jadi pendiam ketika diajak keluar tapi bawel ketika dirumah? Perbedaan dua perilaku seperti ini sebenarnya umum terjadi, tapi jangan sampai diabaikan begitu saja Moms.

Perilaku diam seperti ini dikatakan wajar pada situasi tertentu, misal Si Kecil berkenalan dengan orang baru, memasuki lingkungan baru, atau tampil diatas panggung untuk pertama kalinya.

Namun, ini biasanya terjadi di awal-awal saja karena biasanya pada pertemuan selanjutnya Si Kecil sudah mulai bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya. Bila Si Kecil terus menerus diam sampai-sampai menutup diri, Moms perlu mengambil tindakan.

Merasa khawatir boleh, tapi Moms jangan gegabah memarahi Si Kecil karena kebingungan harus menyikapinya. Kenali penyebabnya terlebih dahulu agar Moms bisa memberikan treatment sesuai kebutuhan Si Kecil.

Penyebab Si Kecil Diam

1. Jarang diajak berinteraksi

Membiarkan Si Kecil terlalu asyik pada dunianya sendiri dan jarang mengajaknya bicara bisa membuat ia diam. Karena kurangnya interaksi, Si Kecil jadi kurang bisa merespon ketika diajak berbicara.

2. Sering diabaikan

Kurangnya komunikasi yang intens dan hangat dengan Si Kecil bisa menyebabkan ia menjadi pendiam. Mungkin, Moms terlalu sibuk mengurus pekerjaan dan hanya berbicara seperlunya saja pada Si Kecil.

3. Merasa rendah diri

Jangan hanya kesalahan kecil Moms memarahi dan meremehkannya. Kadang, secara tidak sadar Moms melakukan hal ini. Berbicara dengan nada yang mengejek bisa membuat Si Kecil merasa rendah diri dan tidak percaya pada kemampuannya lagi.

Si Kecil yang sudah terlanjur memiliki persepsi buruk mengenai dirinya sendiri bisa memperburuk keadaan yang pada akhirnya anak lebih memilih diam karena takut diejek.

4. Introvert

Memiliki kepribadian introvert bisa menjadi salah satu penyebab Si Kecil menjadi pendiam. Anak dengan kepribadian ini lebih mudah cepat lelah bila harus berinteraksi dengan banyak orang dan memerlukan waktu sendiri untuk me-recharge kembali energinya.

Namun, perlu diingat, Si Kecil yang memiliki kepribadian introvert bukan berarti tidak bisa bergaul. Mereka bergaul hanya dengan beberapa orang yang memang cocok, jenis pertemannya biasanya sangat kuat dan juga dalam.

5. Memiliki pengalaman buruk

Si Kecil terkadang belum bisa mengekspresikan emosinya dengan baik. Sehingga ketika ia mengalami perlakuan buruk, ia bingung harus bagaimana.

Misalnya, Si Kecil pernah mengalami perundungan atau bullying. Kasus ini sering terjadi pada anak-anak. Bullying bisa terjadi dalam bentuk fisik maupun psikologis. Anak yang mengalami hal ini bisa menjadi mendadak pendiam ketika diajak keluar rumah, karena ada rasa takut yang berlebih ketika bertemu orang lain.

Lalu, bagaimana cara agar Si Kecil mau berinteraksi diluar?

Si Kecil yang pendiam mungkin akan merasa kesulitan ketika harus bersosialisasi. Moms bisa melakukan hal-hal ini untuk membantunya.

1. Ajak Berbicara

Sering-seringlah ajak Si Kecil berbicara, jangan acuhkan keberadaannya. Moms bisa menanyakan bagaimana harinya di sekolah atau bertanya tentang teman-temannya. Semakin Si Kecil terbuka dan banyak bicara, hal itu akan baik untuk melatihnya berani dalam mengekspresikan dirinya.

2. Ajak eksplore lingkungannya

Beri Si Kecil Ruang untuk mengeksplorasi lingkungannya. Dengan belajar banyak hal baru, ini akan memberikan ia kesempatan untuk berkembang.

3. Jangan Labeli anak sebagai anak pendiam

Jangan cap Si Kecil sebagai pendiam hanya karena ia tidak mau bicara. Ketika Moms sudah melabeli Si Kecil sebagai anak pendiam, ia akan mempercayai hal itu. Lebih baik Moms mengatakan bahwa Si Kecil membutuhkan waktu lebih untuk bisa akrab dengan orang lain dan itu bukanlah masalah.

4. Berikan perhatian lebih

Berikan Si Kecil perhatian lebih. Tunjukan kalau Moms menyayanginya. Dengan merasa dicintai, Si Kecil akan menjadi lebih percaya diri.

Memiliki anak dengan sifat pendiam tidak selamanya buruk. Selama masih dalam batas wajar, Moms masih bisa mengajak anak diskusi agar mengerti bagaimana perasaannya. namun, apabila Moms butuh informasi lebih banyak tentang anak pendiam, Moms bisa hubungi dokter ataupun psikolog anak.

Post Comment

Pesan Sekarang