Tips

Mengatasi Pola Tidur Bayi Yang Suka Berubah Dengan 6 Cara Ini

Time to read: 4 menit

Pola tidur bayi seringkali terbalik dengan yang seharusnya, siang jadi malam dan malam jadi siang. Hal ini tentu membuat Moms harus rela begadang demi menjaganya agar tetap tenang. Penelitian di Inggris mengatakan, pola tidur bayi memang masih berantakan. Sekitar 20%-30% bayi mengalami bangun di malam hari di 2 tahun kehidupan pertamanya.

Menurut jurnal dalam Nature and Science of Sleep, saat lahir, bayi masih kesulitan untuk membentuk Ritme Sirkadian (circadian rhythm), yaitu proses internal alami yang mengatur siklus tidur-bangun yang terus diulang setiap 24 jam. Saat usianya memasuki minggu ke 10-12, kemampuan ini mulai berkembang, ditandai dengan  meningkatnya kemudahan tidur bayi saat malam hari.

Rata-rata, bayi baru lahir memiliki waktu tidur yang lebih lama, yakni sekitar 17-18 jam per hari. Namun, seiring dengan tahapan usianya, waktu tidur bayi akan semakin berkurang menjadi 14-15 jam per hari pada bulan ke 3, dan 13-14 jam di usia 6 bulan. Ketika  waktu tidur disiang hari semakin berkurang, maka waktu tidur malamnya akan bertambah.

Di minggu pertama kehidupannya, durasi tidur bayi tidak lebih dari 3-4 jam setiap kali tidur.  Kemungkinan bayi akan terbangun karena merasa terganggu, pipis, atau lapar (bayi butuh menyusu tiap 2-3 jam sekali, bila ia tidak bangun maka terpaksa harus dibangunkan).

Baca Juga : Fakta Ilmiah Dibalik Bau Badan Bayi Yang Enak dan Khas

Cara membentuk pola tidur bayi agar tidak begadang

Untuk membentuk pola tidur bayi yang sehat, Moms perlu melatih kebiasaan tidurnya sejak dini. Dengan begitu, tidur nyenyak di malam hari bukan hanya sekedar impian semata.

1. Kenali tanda bayi sudah mengantuk

Bayi yang mulai mengantuk akan menguap, mengucek matanya dan rewel. Jadi jika Moms melihat tanda-tanda ini, sebaiknya segera letakkan ditempat tidur meskipun matanya masih terbuka.

2. Buat bayi beraktivitas di siang hari

Agar bayi tidak terjaga di malam hari, Moms bisa memperbanyak aktivitasnya di siang hari. Ajak ia bermain, berbicara atau hal seru lainnya yang melibatkan bayi. Tapi jangan sampai istirahat siang harinya terlewat. Tidur siang penting untuk pertumbuhannya serta menjaganya agar tidak terlalu lelah saat malam hari. Agar tidur siangnya tidak terlalu lama, bangunkan ia untuk menyusu bahkan ketika ia sudah tertidur lelap.

3. Pisahkan jam makan dan jam tidur

Moms mungkin mencari cara yang efektif untuk menidurkan bayi. Setelah bulan pertamanya mungkin Moms tidak lagi ingin meberikan ASI sambil menimang-nimangnya agar ia cepat tidur, karena Moms ingin bayi bisa tidur dengan sendirinya.

Bayi mungkin akan tetap makan walaupun dalam keadaan tidur saat Moms menyodorkan ASI, tapi sebaiknya hentikan ini dan segera pindahkan bayi di tempat tidur. Hal ini tidak baik karena akan menyebabkan perut bayi kekenyangan sehingga membuatnya tidak nyaman untuk beristirahat. jadi usahakan untuk membedakan jam makan dan jam tidur bayi.

Baca Juga : Cara Merawat Bayi Baru Lahir

4. Mengenalkan waktu siang dan malam

Seringkali, jam tidur bayi baru lahir terbalik. Mereka bisa sangat aktif dimalam hari dan tidur sepanjang hari. Untuk itu, Moms perlu mengenalkan waktu siang untuk beraktivitas dan malam adalah waktu untuk tidur.

Usahakan saat pagi dan siang hari untuk membiarkan cahaya matahari masuk kedalam rumah. Kemudian ajak ia bermain dan beraktivitas seperti biasa. Biarkan suara aktivitas dirumah seperti musik, TV dan dering telepon berbunyi.

Lalu pada saat malam hari, lakukanlah hal yang sebaliknya. Buat cahaya rumah menjadi sedikit redup dan keadaan sunyi. Kalau bayi terbangun, jangan ajak ia bermain atau berbicara terlalu lama.

5. Membuat jadwal tidur bayi dan tetap konsisten

Selanjutnya, Moms bisa membuat jadwal tidur yang konsisten. Saat sudah waktunya tidur, Moms harus segera menidurkannya. Kalau Bayi belum menunjukkan tanda mengantuk, coba stimulasi dengan membuat suasana kamar redup dan nyaman untuk membantunya cepat tidur.

6. Buat rutinitas sebelum tidur

Menyanyikan lagu sebelum tidur dan berdoa bersama bisa dijadikan rutinitas sebelum tidur. Bayi memang belum bisa menyanyi dan membaca doa sebelum tidur bersama, tapi ia bisa mengerti saat Moms mulai melakukan hal tersebut itu berarti sudah waktunya tidur dan sebagai penutup Moms bisa mengecup kening bayi.

 

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

Sekolah Alam, Pembelajaran Diluar Ruangan Bantu Tumbuh Kembang Si Kecil

Meskipun namanya sekolah alam, pengajarannya tetap berbasis kurikulum, sehingga tidak kalah bagusnya dengan sekolah pada umumnya. Secara umum, konsep sekolah alam memanfaatkan alam sebagai sumber utamanya, yakni sebagai ruang kelas, media belajar, bahan ajar, dan sekaligus sebagai objek pembelajaran.

Si Kecil Hanya Aktif Atau Memang Hiperaktif? Ketahui Bedanya!

Semakin tumbuh besar, Si Kecil jadi makin aktif ya Moms? Tingkah lakunya jadi semakin banyak, seperti bergerak dan berlari kesana kemari sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Namun seringkali Moms suka salah menafsirkan perilaku aktif Si Kecil dan lebih suka melabelinya sebagai anak hiperaktif. Supaya Moms tidak salah tafsir lagi, Nanny Care akan kasih tau, gimana sih bedanya anak aktif dan hiperaktif!

Bagaimana Ciri-Ciri Nanny Yang Baik?

Jaman sekarang mencari nanny sangat mudah, yang sulit adalah mencari yang mau menjaga komitmennya dalam bekerja. Namun bukan berarti tidak ada sama sekali ya, Moms. Kenali 5 ciri-ciri nanny yang baik yang bisa dijadikan pegangan untuk Moms dalam memilih nanny untuk Si Kecil.

Program Bayi Tabung, Pahami Proses Dan Tingkat Keberhasilannya

Umumnya, pasangan suami istri yang sulit memiliki momongan memilih untuk melakukan program bayi tabung atau in vitro fertilization. Program bayi tabung sudah umum dilakukan dan dinilai efektif dalam membantu wanita agar cepat hamil. Lalu, bagaimana prosedurnya jika ingin mengikuti program bayi tabung? Baca terus untuk melihat ulasan lengkapnya!

Bikin Senyum Bayi Tambah Manis, Berikut Ini Fakta Tentang Lesung Pipi

Katanya, lesung pipi dapat membuat senyum seseorang tambah menawan. Seolah menjadi poin plus bagi pemiliknya, seseorang dengan lesung pipi sering dianggap sosok yang manis. Namun, dibalik keindahan lesung pipi, ada fakta menarik yang perlu Moms ketahui.