Kesehatan Anak

Moms, Ini Dia Pentingya Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Si Kecil

Time to read: 4 menit

Kebersihan mulut dan gigi Si Kecil kadang sering luput dari perhatian. Orang tua seringkali beranggapan kalau menyikat gigi saja sudah cukup.

Menyikat gigi merupakan kebiasaan baik yang harus Moms ajarkan sejak dini pada Si Kecil. Semakin dini Moms mengenalkannya, maka Si Kecil akan terbiasa dan memiliki kesadaran untuk menjaga giginya tetap bersih sepanjang hidupnya.

Biasakan Si Kecil untuk menyikat giginya minimal 2 kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Dengan menyikat giginya secara rutin, ini akan mencegah beberapa masalah gigi seperti karies pada gigi yang disebabkan oleh plak yang menumpuk, gigi berlubang, bau mulut, bahkan infeksi gigi.

Baca Juga : Apa Saja Tanda-Tanda Si Kecil Mulai Tumbuh Gigi?

Pada usia berapa sebaiknya Si Kecil mulai menyikat gigi?

Sebenarnya, Moms dianjurkan untuk mulai menjaga kebersihan rongga mulut Si Kecil sejak gigi pertamanya tumbuh, yaitu pada usia 6 bulan. Membersihkannya cukup dengan hanya mengelapnya dengan kain kasa yang sudah dibasahi.

Berikut cara membersihkannya:

  • Balut jari telunjuk dengan kain kasa atau handuk bersih
  • Celupkan kain kasa atau handuk bersih kedalam air hangat
  • Gosok gigi Si Kecil secara lembut dan perlahan dengan gerakan melingkar selama 2 menit

Sementara itu, ada banyak pendapat yang berbeda-beda tentang kapan sebaiknya Si Kecil mulai diajarkan untuk menyikat gigi. Ada yang menyarankan untuk mulai menyikat gigi pada saat 4 gigi pertamanya sudah tumbuh, yang lainnya menyarankan saat usianya sudah mencapai 2 atau 3 tahun.

Perlukah Si Kecil menyikat gigi menggunakan pasta gigi?

Dilansir dari laman American Academy of Pediatric Dentistry, disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride sejak gigi pertamanya tumbuh. Penggunaan pasta gigi cukup sedikit saja atau hanya sebesar biji beras. Lalu setelah Si Kecil berusia 2-3 tahun, penggunaan pasta giginya bisa ditambahkan menjadi sebesar kacang polong.

Pada usia seperti ini, biasanya pasta gigi masih suka tertelan. Pasta gigi berfluoride sebenarnya tidak boleh sampai tertelan. Sebaiknya dampingi Si Kecil saat menyikat gigi sampai usianya 6 tahun. Hal ini dikarenakan, pada usia tersebut, ia belum memiliki koordinasi yang baik saat menyikat gigi sendiri. Maka dari itu, Si Kecil perlu dampingan Moms saat menyikat gigi.

Baca Juga : Merangsang dan Melatih Si Kecil Agar Lancar Berbicara dengan 5 Cara Ini

Tips agar Si Kecil tidak malas menyikat gigi

Saat menyikat gigi bisa jadi tantangan tersendiri lho, Moms. Tidak jarang Si Kecil malas sehingga jadi rewel dan menangis saat disuruh untuk menyikat gigi.

Dilansir dari Kumparan.com, drg. Tri Julianti, Sp KGA, dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak dari RSPI Pondok Indah Jakarta mengatakan, menyikat gigi bukan hal yang biasa bagi Si Kecil, karena itu hal ini dianggap sebagai beban.

Orang tua juga perlu introspeksi diri, apakah selama aktivitas menyikat gigi menjadi momen yang menyenangkan atau malah menakutkan dan membosankan untuk dilakukan. Seperti halnya memaksa Si Kecil sampai harus menggeretnya, atau pilihan pasta gigi dan sikat gigi yang tidak sesuai dengan keinginan Si Kecil.

Maka dari itu, agar mudah meluluhkan Si Kecil, Moms harus menggunakan cara yang menyenangkan dan seru. Ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan agar Si Kecil jadi rajin untuk menyikat giginya.

1. Menonton video

Cara ini mungkin sudah banyak dilakukan, mengajak Si Kecil menonton video edukatif seperti ini sangat besar dampaknya. Dengan tokoh dan gambar menarik dapat membuatnya tertarik juga untuk mencoba melakukan hal sama.

Biasanya, video berisi tata cara menggosok gigi yang disertai dengan alur cerita mengenai pentingnya menjaga kebersihan gigi.

2. Mendengarkan lagu

Dianjurkan untuk menyikat gigi selama 2 menit. Bagi Si Kecil, 2 menit bisa jadi waktu yang terlalu lama hanya untuk menyikat gigi. Untuk mengakalinya, Moms bisa sambil menyetel lagu kesukaannya, sehingga momen menyikat gigi tidak akan terasa membosankan tapi malah mengasyikkan untuk dilakukan.

3. Menyikat gigi bersama

Children see, children do. Ungkapan ini benar adanya, karena Si Kecil suka meniru apa saja yang dilihatnya. Jika ia melihat Moms rajin menyikat gigi, kemungkinan ia akan menirunya tanpa perlu diperintah.

4. Biarkan Si Kecil memilih sendiri sikat gigi dan pasta giginya

Si Kecil pasti memiliki tokoh kartun favoritnya sendiri. Sekarang banyak sekali sikat gigi yang menampilkan tokoh-tokoh kartun dan karakter yang menarik. Oleh karena itu, biarkan Si Kecil memilih sendiri sikat giginya

Hal yang perlu Moms lakukan adalah memastikan bahwa sikat gigi yang digunakan sesuai dengan usia, kondisi gigi dan juga kondisi gusi Si Kecil.

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

5 Langkah Menghadapi Anak Yang Suka Berkata Kasar

Ketika Si Kecil bicara kasar, tentu Moms penasaran bukan? Dari mana ia mendapatkan kata-kata tersebut dan dari siapa ia belajar bicara seperti itu? Sebagai orang tua, Moms tidak boleh membiarkan hal ini terlalu lama. Sebagai orang tua, Moms harus tegas dalam meluruskan perilakunya dan tidak boleh menganggap remeh hal tersebut.

Manfaat Suka Memelihara Hewan Bagi Anak

Beberapa orang tua sering berpikiran bahwa memelihara binatang itu merepotkan bahkan tidak baik bagi kesehatan dan pertumbuhan Si Kecil. Namun dibalik semua ketakutan itu, memelihara hewan dirumah ternyata memiliki banyak manfaat lho Moms. Apa saja manfaatnya? Yuk, cari tau lengkapnya disini!

Mengenalkan Kebaikan Di Bulan Ramadhan Kepada Anak

Bulan Ramadhan bukan hanya sekedar mengajarkan pada Si Kecil soal menahan lapar dan haus dari pagi hingga petang. Masih banyak hal baik yang bisa dilakukan di bulan penuh berkah dan ampunan ini. Maka dari itu, yuk Moms, mulai ajarkan kebaikan pada Si Kecil dimulai dengan hal-hal sederhana berikut ini.

Anak-Anak Sering Tergoda Saat Berpuasa? Lakukan 5 Cara Ini

Umumnya, anak usia sekolah sudah mulai diajarkan berpuasa oleh orang tuanya. Tapi karena masih pemula, anak-anak sering mengeluh lapar dan haus saat siang hari. Hal ini sebenarnya wajar saja terjadi, namanya juga masih anak-anak. Namun, bukan berarti orang tua tidak bisa menyiasati agar anak kuat berpuasa. Simak 5 tips berikut ini agar anak tidak mudah tergoda saat puasa.

Tips Mengajari Anak Berpuasa Pertama Kali

Meskipun anak-anak belum diwajibkan untuk berpuasa, tidak ada salahnya Moms mengajarkannya Si Kecil sejak dini agar nantinya ia siap saat sudah diwajibkan berpuasa. Lalu bagaimana cara mengajarkan Si Kecil berpuasa sejak dini?