Psikologis Anak

Segudang Manfaat Pelukan Untuk Pertumbuhan Si Kecil

Time to read: 3 menit

Setiap orang tua pasti memiliki cara nya masing-masing dalam mengungkapkan kasih sayang. Tidak terkecuali memberikan hadiah mewah atau makanan lezat. Tapi, ada satu cara yang paling ampuh dan alami sebagai bentuk ungkapan kasih sayang kepada Si Kecil, yaitu pelukan.

Hal ini mungkin terlihat sepele, tapi Moms perlu tau bahwa sentuhan fisik seperti pelukan dapat memberikan rasa nyaman dan tentram pada Si Kecil. Ketika sedang merasa sedih atau kecewa, pelukan dapat mengurangi rasa sakit itu dan membuat perasaan menjadi lebih baik.

Seorang Psikoterapis Virginia Satir mengatakan, dibutuhkan 4 pelukan sehari untuk bertahan hidup, 8 pelukan sehari untuk pemeliharaan dan 12 pelukan sehari untuk pertumbuhan. Kemudian, seorang Neuroekonomi Paul Zak merekomendasikan setidaknya dibutuhkan 8 pelukan sehari untuk hubungan yang lebih baik.

Menurut sains, 15 detik atau lebih berpelukan dengan Si Kecil dapat membuatnya tumbuh menjadi lebih pintar, sehat, gembira dan tentu saja membuat hubungan Moms dan Si Kecil semakin dekat. Jadi, sudahkan Moms memeluk Si Kecil hari ini?

Baca Juga : Sering Memuji Anak Berlebihan? Ini Dia Dampak Buruk yang Ditimbulkan

Manfaat pelukan untuk Si Kecil

Pelukan untuk Si Kecil tidak bisa diremehkan. Pelukan terbukti dapat memberikan banyak manfaat dan penting untuk tumbuh kembangnya. Yuk, simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui lebih banyak manfaat di balik memeluk Si Kecil.

1. Membantu meningkatkan imun Si Kecil

Saat berpelukan, tubuh melepaskan hormon oksitoksin ke dalam aliran darah yang dapat mengendurkan saraf yang tegang dan menurunkan tekanan darah, membuat sistem saraf menjadi lebih seimbang sehingga dapat memperkuat sistem imun Si Kecil.

2. Mengurangi stress dan tantrum pada Si Kecil

Memeluk Si Kecil saat sedang tantrum dapat membuat ia lebih tenang. Saat memeluknya, hormon oksitosin yang dilepaskan dalam tubuh dapat membuat moodnya jadi lebih baik serta menurunkan tingkat stress dan cemas yang dialami Si Kecil.

3. Membuat Si Kecil lebih pintar dan percaya diri

Anak yang sering dipeluk, otaknya akan lebih berkembang daripada yang tidak. Meski bukan secara langsung menambah kecerdasan IQ nya, pelukan dipercaya dapat membuat performa Si Kecil lebih baik, optimis, dan berperilaku tenang sehingga dapat membuatnya lebih percaya diri dalam menjalankan hari-harinya.

Baca Juga : Kenapa Ya Si Kecil Jadi Pendiam Ketika Diajak Keluar?  Yuk Kenali Penyebabnya!

4. Meningkatkan bonding antara orang tua dan Si Kecil

Hormon oksitosin dapat mengurangi rasa cemas dan meningkatkan kepercayaan. Saat memeluk Si Kecil, Moms menumbuhkan rasa kepercayaan pada dirinya. Kepercayaan penting untuk membangun hubungan yang kuat.

5. Membuat Si Kecil merasa nyaman dan dicintai

Pelukan memberikan kesan nyaman dan kasih  sayang bagi Si Kecil. Dengan memberikan pelukan setiap hari, Si Kecil akan merasa bahwa dirinya dicintai, dilindungi, dan diperhatikan oleh Moms dan keluarga.

Waktu terbaik untuk memberikan pelukan untuk Si Kecil

Sebenarnya tidak ada waktu khusus kapan harus memeluk. Moms bisa melakukannya kapan saja. Namun, ada beberapa waktu terbaik untuk memeluk anak seperti yang dikutip dari forum Sahabat Keluarga Kemdikbud, yaitu saat,

  • Saat orang tua pergi dan pulang kerja

Si Kecil pasti ingin terus berada di sisi orang tuanya. Namun kesibukan pekerjaan membuat orang tua mau tak mau harus pergi. Memberikan pelukan sebelum berangkat kerja akan membuat Si Kecil lebih tenang walaupun tau harus berpisah. Setelah pulang jangan lupa berikan pelukan juga kepadanya, karena pasti Si Kecil sudah menunggu kedatangan kalian.

  • Malam sebelum tidur dan pagi setelah bangun tidur

Bangunkan Si Kecil dengan lembut dan berikan pelukan. Mengawali hari dengan pelukan akan membuat Si Kecil lebih bersemangat menjalani harinya. Saat malam hari Si Kecil cenderung sulit disuruh tidur. Antar ia ke kamar dan temani beberapa saat. Sebelum ia benar-benar terlelap, berikan pelukan untuk membuatnya tidur lebih nyenyak dan nyaman.

Baca Juga : Menitipkan Si Kecil pada Kakek dan Nenek, Apakah Ada Dampaknya?

  • Saat Si Kecil sedih dan marah

Dalam kondisi seperti ini, pelukan dapat menjadi obat untuk memperbaiki suasana hatinya. Ketika Si Kecil mulai tenang, ajaklah ia bicara dengan baik sehingga dapat mengurangi rasa sedihnya itu.

  • Saat Si Kecil pergi dan pulang sekolah

Pelukan hangat sebelum ia mulai proses belajar dapat menghindarkan Si Kecil dari stress di sekolah. Begitu juga saat Si Kecil pulang sekolah, sambutlah ia dengan pelukan untuk meredakan rasa lelah setelah beraktivitas.

  • Di hari istimewa Si Kecil

Tidak lupa juga untuk memberikan pelukan di hari atau momen-momen istimewa Si Kecil seperti di hari ulang tahunnya, ketika berhasil menang lomba dan sebagainya.

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

5 Langkah Menghadapi Anak Yang Suka Berkata Kasar

Ketika Si Kecil bicara kasar, tentu Moms penasaran bukan? Dari mana ia mendapatkan kata-kata tersebut dan dari siapa ia belajar bicara seperti itu? Sebagai orang tua, Moms tidak boleh membiarkan hal ini terlalu lama. Sebagai orang tua, Moms harus tegas dalam meluruskan perilakunya dan tidak boleh menganggap remeh hal tersebut.

Manfaat Suka Memelihara Hewan Bagi Anak

Beberapa orang tua sering berpikiran bahwa memelihara binatang itu merepotkan bahkan tidak baik bagi kesehatan dan pertumbuhan Si Kecil. Namun dibalik semua ketakutan itu, memelihara hewan dirumah ternyata memiliki banyak manfaat lho Moms. Apa saja manfaatnya? Yuk, cari tau lengkapnya disini!

Mengenalkan Kebaikan Di Bulan Ramadhan Kepada Anak

Bulan Ramadhan bukan hanya sekedar mengajarkan pada Si Kecil soal menahan lapar dan haus dari pagi hingga petang. Masih banyak hal baik yang bisa dilakukan di bulan penuh berkah dan ampunan ini. Maka dari itu, yuk Moms, mulai ajarkan kebaikan pada Si Kecil dimulai dengan hal-hal sederhana berikut ini.

Anak-Anak Sering Tergoda Saat Berpuasa? Lakukan 5 Cara Ini

Umumnya, anak usia sekolah sudah mulai diajarkan berpuasa oleh orang tuanya. Tapi karena masih pemula, anak-anak sering mengeluh lapar dan haus saat siang hari. Hal ini sebenarnya wajar saja terjadi, namanya juga masih anak-anak. Namun, bukan berarti orang tua tidak bisa menyiasati agar anak kuat berpuasa. Simak 5 tips berikut ini agar anak tidak mudah tergoda saat puasa.

Tips Mengajari Anak Berpuasa Pertama Kali

Meskipun anak-anak belum diwajibkan untuk berpuasa, tidak ada salahnya Moms mengajarkannya Si Kecil sejak dini agar nantinya ia siap saat sudah diwajibkan berpuasa. Lalu bagaimana cara mengajarkan Si Kecil berpuasa sejak dini?