Tumbuh Kembang Anak

Waktu Tidur Ideal Anak Sesuai Dengan Tahapan Usianya

Time to read: 3 menit

Tidur yang cukup memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh, terlebih lagi pada bayi, balita, anak-anak hingga remaja. Hal ini dikarenakan mereka membutuhkan waktu tidur yang lebih lama daripada orang dewasa. Tidur yang cukup juga penting guna mendukung tumbuh kembang dan fisik mereka.

Si Kecil membutuhkan waktu tidur yang cukup agar tubuhnya dapat beristirahat. Tidur memberikan kesempatan pada sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi hormon imunitas serta memperbaiki dan detoksifikasi tubuh.

Selain itu, dilansir dari laman resmi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) tidur memegang perkembangan penting dalam maturasi otak. Fungsi otak pada masa anak-anak sampai masa tua dipertahankan oleh interaksi kompleks dengan lingkungan selama periode terjaga.

Baca Juga : Mengatasi Pola Tidur Bayi Yang Suka Berubah Dengan 6 Cara Ini

Lama waktu tidur ideal

Tidur bagi Si Kecil bukan hanya tentang nyenyak, tapi perlu diperhatikan juga lama waktu tidur yang dibutuhkan sehingga tidurnya berkualitas. Jumlah waktu tidur tiap anak berbeda-beda, tergantung pada tahapan usianya. Berikut waktu tidur ideal untuk Si Kecil sesuai dengan tahapan usia menurut IDAI:

Bahaya jika kurang tidur

Kurang tidur dapat terjadi baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Jika hal ini terjadi pada Si Kecil, Moms tidak boleh membiarkannya terlalu lama sebab hal ini akan berdampak pada kesehatan fisik dan psikis Si Kecil. Berikut dampak yang akan ditimbulkan:

1. Menurunkan kecerdasan otak

Saat tidur, tidak hanya tubuh yang beristirahat tapi juga otak. Tidur nyenyak menjadi kunci untuk meningkatkan kemampuan otaknya seperti berpikir dan mengingat. Jika Si Kecil kurang tidur, bisa dibayangkan bukan Moms kemampuan-kemampuan tersebut akan menurun?

2. Menurunkan daya tahan tubuh

Kurang tidur juga dapat memperlambat pemulihan kesehatan jika Si Kecil sakit dan membuat tubuh menjadi rentan tertular virus dan kuman.

Baca Juga :

3. Menurunkan konsentrasi

Karena kurang tidur dimalam hari, Si Kecil biasanya akan mengalami kelelahan pada siang hari dan menyebabkan sulitnya berkonsentrasi. Akibatnya kinerja otak akan terganggu. Hal ini bisa menyulitkan Si Kecil lho Moms, apalagi jika ia sudah masuk sekolah, tentu ini akan menghambatnya dalam mengikuti proses belajar.

4. Suasana hati mudah berubah

Ketika Si Kecil kurang tidur, itu juga bisa membuat Si Kecil lebih mudah marah, rewel dan juga sering menangis serta tantrum. Jika Si Kecil mudah marah, tentu bakal membuat Moms pusing kan ?

Mengatasi Si Kecil yang sulit tidur

Jika Si Kecil mengalami sulit tidur dimalam hari, Moms dapat melakukan beberapa perubahan rutinitas yang dilakukan sebelum tidur. Moms bisa mulai dari membiasakan Si Kecil tidur lebih awal.  Selain itu memperbanyak aktivitas disaat siang hari juga bisa membuat Si Kecil bisa tidur lebih awal.

Berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa waktu tidur antara pukul 19.00 dan 20.00 merupakan waktu yang paling ideal bagi bayi hingga anak pra sekolah untuk tidur. Pola tidur yang sehat dan konsisten akan menghasilkan tidur yang berkualitas untuk Si Kecil. 

Nah, jadi mulai saat ini selalu perhatikan waktu tidur Si Kecil ya Moms, agar Si Kecil tetap ceria dan juga tetap bisa berkonsentrasi di siang hari. 

 

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

5 Langkah Menghadapi Anak Yang Suka Berkata Kasar

Ketika Si Kecil bicara kasar, tentu Moms penasaran bukan? Dari mana ia mendapatkan kata-kata tersebut dan dari siapa ia belajar bicara seperti itu? Sebagai orang tua, Moms tidak boleh membiarkan hal ini terlalu lama. Sebagai orang tua, Moms harus tegas dalam meluruskan perilakunya dan tidak boleh menganggap remeh hal tersebut.

Manfaat Suka Memelihara Hewan Bagi Anak

Beberapa orang tua sering berpikiran bahwa memelihara binatang itu merepotkan bahkan tidak baik bagi kesehatan dan pertumbuhan Si Kecil. Namun dibalik semua ketakutan itu, memelihara hewan dirumah ternyata memiliki banyak manfaat lho Moms. Apa saja manfaatnya? Yuk, cari tau lengkapnya disini!

Mengenalkan Kebaikan Di Bulan Ramadhan Kepada Anak

Bulan Ramadhan bukan hanya sekedar mengajarkan pada Si Kecil soal menahan lapar dan haus dari pagi hingga petang. Masih banyak hal baik yang bisa dilakukan di bulan penuh berkah dan ampunan ini. Maka dari itu, yuk Moms, mulai ajarkan kebaikan pada Si Kecil dimulai dengan hal-hal sederhana berikut ini.

Anak-Anak Sering Tergoda Saat Berpuasa? Lakukan 5 Cara Ini

Umumnya, anak usia sekolah sudah mulai diajarkan berpuasa oleh orang tuanya. Tapi karena masih pemula, anak-anak sering mengeluh lapar dan haus saat siang hari. Hal ini sebenarnya wajar saja terjadi, namanya juga masih anak-anak. Namun, bukan berarti orang tua tidak bisa menyiasati agar anak kuat berpuasa. Simak 5 tips berikut ini agar anak tidak mudah tergoda saat puasa.

Tips Mengajari Anak Berpuasa Pertama Kali

Meskipun anak-anak belum diwajibkan untuk berpuasa, tidak ada salahnya Moms mengajarkannya Si Kecil sejak dini agar nantinya ia siap saat sudah diwajibkan berpuasa. Lalu bagaimana cara mengajarkan Si Kecil berpuasa sejak dini?