Tumbuh Kembang Anak

Yuk, Intip Tahapan Perkembangan Janin Selama Dalam Kandungan

Time to read: 4 menit

Masa kehamilan mulai terhitung sejak dari hari terakhir Moms menstruasi dan akan berlangsung selama 40 minggu atau 3 trimester.

Pada awal kehamilan, Moms akan merasakan banyak perubahan yang terjadi, baik perubahan secara fisik maupun suasana hati. Tanda-tanda perubahan fisik dapat ditandai dengan nyeri pada payudara, perut membesar, perubahan kondisi kulit, serta berat badan bertambah.

Selain kondisi tubuh Moms yang berubah, janin juga mengalami perubahan dan perkembangan setiap minggunya. Maka dari itu, penting bagi Moms untuk rutin memeriksakan kandungan ke dokter supaya perkembangannya terpantau. Apabila janin mengalami masalah saat masa kehamilan, maka dokter bisa dengan cepat mengambil tindakan.

Baca Juga : Menjaga Janin Tetap Aman, Ini Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

Tahap proses perkembangan janin dalam 3 trimester

Trimester pertama

Selama satu bulan pertama (minggu ke 1 – minggu ke 4), kantung ketuban telah terbentuk sebagai tempat bertumbuhnya embrio.  Plasenta yang berfungsi sebagai penyalur sumber makanan dari Moms ke janin juga sudah terbentuk.

Pada minggu ke 4, organ vital mulai dari otak, sumsum tulang belakang, sistem saraf, jantung, mata, telinga, dan hidung juga mulai tumbuh. Ukuran janin juga hanya sebesar biji kacang atau setara dengan 2 milimeter saja.

Pada bulan kedua (minggu ke 5-minggu ke 8) perkembangan janin makin terlihat jelas terutama bagian wajah. Selain bagian kepalanya telah tumbuh sempurna, anggota gerak seperti kaki dan tangan juga telah tumbuh meski belum berfungsi secara optimal.

Walaupun alat kelamin sudah mulai tumbuh, tapi saat ini belum bisa dipastikan betul jenis kelamin janin.

Berat janin pada akhir minggu ke 8 mulai bertambah dari sebelumnya, yaitu mencapai sekitar 1 ons dengan panjang hingga 10 cm.

Bulan ketiga (minggu ke 9-minggu ke 13) kepala janin mulai membesar dan sudah terlihat kelopak mata serta telinga luar semakin berkembang.

Jari-jari, kuku mulai tumbuh disertai dengan kemampuan janin menekuk sikunya sendiri.

Jika pada minggu sebelumnya kelamin janin belum bisa dipastikan, memasuki minggu ke 11 alat kelaminnya telah berkembang menjadi penis dan vagina.

Minggu ke 13 tulang belakang yang tadinya terbentuk dari tulang rawan tergantikan dengan tulang keras. Bobot berat janin pada akhir minggu ke 13 ini mencapai 30 gram dengan panjang sampai 7 cm.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah, Begini Cara Merawat Tali Pusar Si Kecil Agar Terhindar dari Infeksi

Trimester kedua

Memasuki trimester kedua atau bulan ke 4 (minggu ke 14-minggu 17) janin tumbuh semakin kuat, sehingga risiko keguguran lebih kecil dibanding pada trimester pertama.

Pada saat ini, Moms sudah dapat mengetahui jenis kelamin janin, apakah ia perempuan atau laki-laki.

Leher janin juga sudah terbentuk serta bagian kecil pada wajahnya semakin jelas terlihat seperti alis, kelopak mata dan bulu mata.

Selanjutnya, ketika usia kandungan mencapai 5 bulan (minggu ke 18-minggu ke 22), rambut di kepala janin mulai tumbuh. Untuk melindungi kulit dan tubuh janin dari cairan ketuban, selaput lemak kulit janin akan dilapisi dengan selaput lemak yang bernama vernix caseosa. Dan pada saat ini, mungkin Moms juga sudah bisa merasakan gerakan janin di dalam perut.

Mencapai bulan terakhir pada trimester ke 2 atau bulan ke 6 (minggu ke 23-minggu ke 27), sistem pernapasannya sudah mampu bekerja dikarenakan paru-paru janin sudah memproduksi zat bernama surfaktan yang berfungsi untuk membuat paru-paru berkembang dengan normal saat lahir nanti.

Mata janin saat usia kandungan 6 bulan juga sudah bisa menutup dan membuka dengan sendirinya serta dapat merespon suara. Pada jari tangan, garis lengkung mulai terbentuk yang mana akan menjadi cikal bakal terbentuknya sidik jari.

Pada akhir trimester kedua ini, berat janin makin bertambah menjadi kurang lebih 900 gram dengan panjang sekitar 12 cm.

Baca Juga : Baby Blues: Pengertian, Ciri-ciri, Penyabab dan Cara Mengatasi

Trimester ketiga

Masuk ke trimester ketiga, perkembangan janin dari segi ukuran dan pertumbuhan organnya semakin sempurna. Trimester ketiga dimulai dari bulan ke 7-9 (minggu ke 28-minggu ke 40).

Pada bulan ke 7 (minggu ke 28-minggu ke 31), janin masih pada tahap menyempurnakan bentuk fisiknya sampai proses persalinan nanti. Sebagian kelopak mata janin sudah dapat terbuka serta bulu mata nya telah terbentuk.

Janin juga mulai aktif di dalam perut, seperti menendang, meregangkan tubuh serta menggenggam.

Minggu ke 30, janin dapat membuka matanya dengan lebar. Rambutnya juga sudah tumbuh dengan baik.

Bulan ke 8 (minggu ke 32-minggu ke 35), kuku jarinya akan terlihat. Rambut halus di sekitar kepalanya akan mulai menghilang. Ketika rambutnya halusnya menghilang, ini membantu janin berlatih bernapas.

Berat badan janin mencapai bulan ke 8 akan semakin ideal namun janin masih harus berjuang untuk mengembangkan sistem imun tubuhnya untuk melawan penyakit yang mungkin saat menyerang saat ia lahir nanti.

Minggu terakhir trimester ketiga atau bulan ke 9 (minggu ke 36-minggu ke 40), bobot janin akan mencapai sekitar 4 kg dengan panjang mencapai 50 cm.

Secara fisik, janin sudah tumbuh dengan sempurna. Rambut sudah tumbuh lebat menutupi area kepalanya, alat kelaminnya sudah terbentuk, serta kuku jari dan kakinya sudah tumbuh mencapai ujung jari-jarinya. Dalam kandungan, janin yang berusia 9 bulan bisa mendengar serta melihat.

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

Tips Melakukan Perawatan Rambut Bayi Agar Tumbuh Sehat Dan Lebat

Moms, gemas bukan saat melihat bayi dengan rambut yang lebat dan sehat? Moms pastinya juga mau kan kalau rambut Si Kecil tumbuh sehat dan lebat seperti itu? Untuk tau rahasianya, baca terus ulasan diartikel ini ya Moms!

Ngidam Saat Hamil, Sebaiknya Dituruti Atau Dihindari?

Ngidam memang membuat ibu hamil memiliki keinginan besar untuk mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Tapi ini bukan berarti Moms bisa makan semua jenis makanan tanpa aturan, lho! Justru saat hamil, sebaiknya Moms lebih berhati-hati dalam memilih jenis makanan.

Moms, Begini Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Benar

Menjadi seorang ibu merupakan pekerjaan termahal di dunia, karena bayarannya adalah kasih sayang sepanjang masa. Dan seorang ibu juga dituntut untuk memiliki kemampuan-kemampuan dalam merawat bayi, yang salah satunya adalah kemampuan memandikan bayi.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan

Apakah Moms punya masalah dengan stretch mark? Guratan garis yang menghiasi permukaan kulit ini seakan sudah lama menjadi masalah bagi kaum ibu. Keberadaan stretch mark sering sekali dikeluhkan karena dianggap mengganggu keindahan dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Tidak heran banyak para ibu yang ingin sekali menyingkirkannya.

Apa Itu Sugar Rush Pada Si Kecil? Ketahui Faktanya Disini

Siapa yang tidak suka makanan manis? Jenis makanan satu ini menjadi makanan yang paling disukai anak-anak, lho. Tapi katanya, jika Si Kecil makan terlalu banyak gula bisa membuatnya mengalami sugar rush. Benar gak sih? Yuk, langsung aja cek faktanya disini!